https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENGARUH KEMANDIRIAN DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 1 MIRIT KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 | Indah | OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi

PENGARUH KEMANDIRIAN DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X1 SMA NEGERI 1 MIRIT KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Panca Indah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian dan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Mirit Kebumen tahun Pelajaran 2012/2013 baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian dan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Mirit Kebumen tahun Pelajaran 2012/2013 baik secara sendiri- sendiri maupun bersama- sama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 siswa SMA Negeri 1 Mirit Kebumen tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 60 siswa. Berdasarkan tabel Krecjie sampel penelitian ini berjumlah 51 siswa, teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket dan analisis dokumen. Analisis data  dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa presentasi tertinggi untuk  kemandirian pada kategori baik (39,22%), sumber belajar pada kategori cukup (37,25%), dan prestasi belajar siswa dalam kategori baik (39,22%). Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian terhadap prestasi belajar siswa,( rx­1y = 0,329 sig 0,020 < 0,05; t : 2,415) besar pengaruhnya 10,80%; ada pengaruh yang positif dan signifikan antara sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa,( rx2y = 0,570 sig 0,000 < 0,05; t : 4,803) besar pengaruhnya 32,50%; dan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian dan sumber belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa, dengan harga F =15,866  sig < 0,05 (0,000). Harga R2 = 0,398 besar pengaruhnya 39,80%.

Kata-kata kunci : kemandirian, sumber belajar, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: